Sunday, May 17, 2009

Konsep Promosi

Pengertian Promosi dan Bauran Promosi

Setelah perusahaan menghasilkan barang lalu menetapkan harga dan menyalurkannya melalui para distributor, maka muncul kegiatan lain yaitu menyebarkan informasi atau komunikasi kepada para calon konsumen bahwa barang tersebut sudah tersedia di pasar, ini adalah suatu bentuk komunikasi dari perusahaan terhadap masyarakat. Kegiatan memproduksi barang, menetapkan harga dan menyalurkan produk tidak akan ada gunanya apabila produk belum dikenal oleh calon konsumen. Promosi adalah pelaksanaan komunikasi yang digunakan oleh perusahaan untuk menyampaikan pesan dan informasi agar terjadi pertukaran antara pembeli dan penjual.

Menurut Prof. Dr. Winardi, S.E menyatakan bahwa :

“Promosi terdiri dari upaya – upaya yang di inisiasi oleh penjual secara terkoordinasi guna membentuk saluran – saluran informasi dan persuasi guna memajukan penjualan barang atau jasa tertentu, atau menerima ide – ide atau pandangan – pandangan tertentu.”

Menurut Dr. Basu Swastha Dh., MBA menyatakan bahwa :

“Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran

Dari kedua pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa promosi adalah suatu proses komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan kepada masyarakat mengenai produk yang dihasilkan dan meyakinkan masyarakat untuk membeli.

Bauran komunikasi pemasaran atau bauran promosi (promotion mix) menurut philip kotler (1997 : 205), terdiri atas lima cara komunikasi utama, yaitu :

  • Periklanan (Advertising)

Yaitu semua bentuk penyajian non personal dan ide promosi, barang atau jasa yang dibayar oleh suatu sponsor tertentu.

  • Promosi penjualan (Sales promotion)

Yaitu berbagai insentif jangka pendek untuk mendorang keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa

  • Hubungan masyarakat dan publisitas (Publicity)

Yaitu berbagai program untuk mempromosikan dan melindungi citra perusahaan atau produk individualnya.

  • Penjualan tatap muka (Personal selling)

Yaitu interaksi langsung dengan satu atau lebih calan pembeli untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan menerima pesanan.

  • Pemasaran langsung (Direct marketing)

Yaitu menggunakan surat, telepon, faksimil, e-mail, dan alat penghubung non personal lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau mendapatkan tanggapa langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan.(ical)

No comments:

 

ShoutMix chat widget